LP Ma’arif NU Pionir Pendidikan Masa Depan

Oleh : Mochammad Fuad Nadjib
Ketua PC PERGUNU Kabupaten Sidoarjo
Kepala SMA Islam Sidoarjo

Lembaga Pendidikan Ma’arif Nahdlatul Ulama (LP Ma’arif NU) merupakan salah satu pilar penting organisasi Nahdlatul Ulama (NU). LP Ma’arif NU berperan strategis dalam mewujudkan cita-cita NU di bidang pendidikan, yaitu mewujudkan generasi muda yang berakal budi, berakhlak mulia, dan mampu menghadapi tantangan zaman.
Untuk mewujudkan cita-cita tersebut, LP Ma’arif NU sudah berkomitmen dan membuat serta menjalankan program kerja demi penguatan LP Ma’arif NU yang pertama adalah meningkatkan kualitas pendidikan. LP Ma’arif NU harus terus berupaya meningkatkan mutu pendidikan di lembaga pendidikannya. Hal ini tercermin dari meningkatnya kualitas sumber daya manusia, sarana, prasarana, serta program dan metode pembelajaran. Meningkatkan kualifikasi profesional guru dan tenaga kependidikan.
Pendidik dan tenaga kependidikan dibawah sekolah/madrasah dilingkungan LP Ma’arif Nu sekarsang sudah mulai bermunculan menjadi tokoh Pendidikan yang professional, bahkan sekolah/madrasah di lingkungan LP Maarif NU sekarang sudah banyak yang menjadi sekolah/madrasah rujukan dan menjadi kiblat Lembaga Pendidikan yang unggul dan berprestasi.

.Yang kedua LP Ma’arif NU tidak hanya berperan dalam bidang pendidikan namun juga berperan dalam pemberdayaan masyarakat. Beberapa kali kegiatan LP Ma’arif NU yang memperkuat perannya di masyarakat, terutama melalui kegiatan sosial, keagamaan, dan budaya. Mempererat sinergitas LP Ma’arif NU dengan berbagai pihak telah dilaksanakan salah satunya yaitu dengan mengadakan Maarif Fair di Sidoarjo guna mendekatkan peran serta LP Maarif NU kepada Masyarakat Sidoarjo. LP Ma’arif NU juga sudah mengambangkan jejaringnya guna memperkuat sinergi dengan berbagai pihak, baik pemerintah, swasta, dan masyarakat. Sinergi ini diperlukan untuk mewujudkan Pendidikan berkualitas dan terjangkau bagi semua kalangan.
Penguatan LP Ma’arif NU merupakan tanggung jawab bersama seluruh komponen NU. Hal ini penting dilakukan agar LP Ma’arif NU dapat terus memberikan kontribusi yang berarti bagi terwujudnya cita-cita NU di bidang pendidikan.

Factor-faktor yang mungkin perlu diperhatikan dalam memperkuat LP Ma’arif NU kedepannya yaitu Meningkatkan kualitas sumber daya manusia, meskipun sudah banyak kader Nu yang mengabdi di LP Maarif Nu yang sudah baik bahkan menjadi rujukan tidak henti-hentinya perlu adanya upgrading untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusianya, seperti kita tau bahwa zaman, kebijakan dari pemerintah akan sellu berubah dan berkembang oleh karenanya butuh adanya penguatan dan upgrading secara continue. LP Ma’arif NU juga perlu akan dukungan untuk meningkatkan sarana dan prasarana pendidikan agar mampu menunjang pembelajaran yang berkualitas baik dari pemerintah maupun swasta. Dalam kurikulum dan metode pembelajaran, LP Ma’arif NU harus terus mengembangkan program dan metode pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan zaman sekaligus kebijakan dari pemerintah yang talah ditetepkan agar Pendidikan di LP Maarif NU tindak tertinggal.

Selain itu LP Ma’arif NU juga harus meningkatkan perannya di masyarakat untuk menjadi mitra strategis pembangunan. Melalui upaya tersebut diharapkan LP Ma’arif NU dapat menjadi lembaga pendidikan yang berkualitas dan berdaya saing tinggi. LP Ma’arif NU juga dapat menjadi pionir dalam mewujudkan pendidikan yang berkeadilan dan inklusif. Selamat Harlah LP Maarif NU ke 94 Tahun semoga makin matang, berkah dan maanfaat bukan hanya untuk Nahdlatul Ulama tetapi juga untuk Pendidikan di Indonesia. Jayalah LP Maarif NU, Jayalah Nahdlatul Ulama.

140 Pembaca

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *