Selenggara Penguatan Materi Numerasi, Pengurus Wilayah LP Ma’arif NU Jawa Timur Bekerjasama dengan INOVASI

LP Ma’arif NU, NU Online Mojokerto.

Pengurus Wilayah Lembaga Pendidikan Ma’arif Nahdlatul Ulama Kembali adakan kerja bersama Lembaga INOVASI (19/05/22). Kegiatan kali ini merupakan diklat penguatan numerasi Unit lima sebagai lanjutan dari program numerasi yang telah pernah dilaksanakan sebelumnya.

Kegiatan ini bertajuk Penguatan Materi Numerasi Pada MI Sasaran dan diikuti oleh tiga guru kelas bawah dari sebanyak enam Madrasah Ibtidaiyah di Kecamatan Puri diantaranya, MI Hidayatul Muta’allimin Tampungrejo, MI Miftahus Sholah Balongmojo, MI Tanwirul Afkar Medali, MI Usisa Alataqwa Sumbergirang, MI Darul Huda Tambakagung dan MI Mambaul Huda Kemanten.

Pada kegiatan Penguatan Materi Numerasi unit lima ini disampaikan penguatan konsep dan metode-metode baru dalam menyelesaikan masalah penjumlahan dan pengurangan. Materi-materi penguatan disampaikan oleh yang bertugas dan telah ahli di bidangnya.

Diawali dengan kontrak belajar oleh Eni Kuderiyah, dilanjut materi sub pertama Konsep Penjumlahan dan Penguraian disampaikan oleh Khusnul Abidin. Sub 1a tentang Memperkenalkan bingkai 10, 1b disampaikan oleh Sugilis Tiandari. Materi Sub 2 Menggali Penggunaan Bingkai 10 Ganda Untuk Penjumlahan dan Pengurangan. Materi Sub 3 Menciptakan Keluarga Fakta oleh Zainul Maskhod, materi Sub 4 Garis dan Petak Seratus serta materi Sub 5 Pemahaman Tanda Sama Dengan oleh Retno Indartik dan materi terakhir yakni Sub 6 Soal Cerita dan Refleksi oleh Cahyo Utomo.

Syauqil Adib selaku Wakil PW LP Ma’arif NU Jawa Timur dalam sambutannya menyampaikan bahwa akan diadakan pameran praktek BAIK yang dalam rencana akan dilaksanakan pada 2 Juni 2022 di Hotel Bumi Surabaya dan mengundang para kepala daerah dan stakeholder Pendidikan.

Terdapat tiga perwakilan dari peserta penguatan masing-masing daerah untuk hadir dan memberikan materi tentang Numerasi. Akan dilaksanakan dengan menggunakan metode simulasi, yakni peserta Penguatan ini akan menjadi gurunya dan yang menjadi murid adalah para Kepala Daerah.

Kedepannya akan ada penguatan Numerasi kelas atas yang saat ini masih dalam pematangan Kembali.

Pewarta: Etika Nurmaya

Dikutip dari https://nuonlinemojokerto.or.id/selenggara-penguatan-materi-numerasi-pengurus-wilayah-lp-maarif-nu-jawa-timur-bekerjasama-dengan-inovasi/

19 Pembaca