SADARKAN PESERTA DIDIK SMK WACHID HASYIM SURABAYA AKAN NUTRISI MAKANAN DAN MINUMAN DENGAN MENGGUNAKAN APLIKASI HEALT HEROES NUTRIHUNT

Peserta Didik Dari SMK Wachid Hasyim Surabaya Melihat Nutrisi Makanan Menggunakan Aplikasi Health Heroes Nutrihunt/ Kamis, 5-Oktober-2023

Surabaya-Masalah kesehatan sekarang menjadi salah satu pusat perhatian di masyarakat, salah satunya adalah memerhatikan nutrisi makanan atau miniman yang dikonsumsi. Menurut Stefania Giannini, Asisten Direktur Jenderal Pendidikan UNESCO, pentingnya nutrisi dan kesehatan yang baik untuk memastikan semua anak dan remaja memiliki akses dan memanfaatkan peluang belajar secara maksimal tidak bisa dianggap remeh.

Untuk menyadakan peserta didik SMK Wachid Hasyim Surabaya akan nutrisi makanan atau miniman yang meraka konsumsi. SMK wachid Hasyim Surabaya meluncurkan program pola makan sehat, yang memanfaatkan teknologi terbaru dalam upaya meningkatkan kebiasaan makan sehat. Program ini memanfaatkan teknologi berbasis aplikasi yaitu Healt Heroes Nutrihunt yang memungkinkan para siswa untuk lebih sadar akan nutrisi yang mereka konsumsi setiap harinya.

Salah satu tantangan dalam mendorong kebiasaan makan sehat di kalangan pelajar adalah kurangnya pemahaman tentang nilai nutrisi dalam makanan dan minuman yang mereka pilih. Program ini bertujuan untuk mengatasi masalah dengan mengintegrasikan teknologi dalam kehidupan sehari-hari mereka.

Dalam program ini, setiap item makanan dan minuman di kantin sekolah dilengkapi dengan barcode unik. Para siswa dapat mengunduh aplikasi NutriHunt dan menggunakan fitur pemindaian barcode untuk mengecek informasi nutrisi dari produk yang mereka beli. Aplikasi ini memberikan informasi terkait kalori, lemak, protein, karbohidrat, dan nutrisi penting lainnya dalam setiap item.

Salah satu hal yang membuat NutriHunt menarik adalah elemen permainan yang disertakan dalam aplikasi ini. Setiap kali seorang siswa memindai barcode, mereka mendapatkan poin yang dapat mereka gunakan untuk memenangkan hadiah menarik, seperti sertifikat makan gratis di kantin sekolah atau barang-barang lainnya yang sehat. Ini menciptakan dorongan tambahan bagi para siswa untuk berpartisipasi dalam program ini.

Dari sudut pandang para siswa, program ini telah mengubah cara mereka memandang makanan dan minuman yang mereka konsumsi sehari-hari. Alvu, seorang siswi kelas 11 Akl, mengatakan, “Aplikasi ini sangat keren! Sekarang saya dapat melihat berapa banyak kalori dalam makanan yang saya pilih, dan saya lebih cenderung memilih makanan yang lebih sehat!”. Rifka, seorang siswi kelas 12, menambahkan, “Program ini benar-benar membuat saya lebih sadar tentang apa yang saya makan. Membantu saya dalam memilih makanan yang sehat.”

Kepala Sekolah SMK Wachid Hasyim Surabaya, Dra. Hj Muntafiah Djauhari menyambut baik peluncuran program Health Heroes Nutrihunt ini. “Kami percaya bahwa pendekatan yang inovatif ini akan membantu para siswa kami menjadi lebih sadar akan pilihan makanan mereka dan memotivasi mereka untuk membuat keputusan yang lebih sehat,” kata [Dra. Hj Muntafiah Djauhari]. “Kami berharap program ini ini akan memacu minat para siswa dalam memilih makanan yang lebih baik untuk kesehatan mereka.”

Program ini adalah salah satu upaya untuk meningkatkan kesejahteraan dan kesadaran gizi di kalangan pelajar. Semoga inisiatif ini menjadi langkah pertama menuju pola makan yang lebih sehat bagi generasi mendatang.

25 Pembaca

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *