iklan atas
iklan atas
iklan atas
iklan atas
iklan atas
iklan atas
iklan atas
iklan atas
iklan atas
iklan atas
iklan atas
iklan atas
iklan atas
iklan atas
iklan atas
iklan atas
iklan atas
iklan atas
iklan atas
iklan atas

Peringati Hari Lahir Ke-45, PP Roudlotut Tholibin Balen Ziarahi Makbarah Pendiri

101 Pembaca
Rombongan ziarah saat berada di depan Masjid Balen sebelum ke makam muassis yayasan Roudlotut Thalibin Balen Bojonegoro (IR)

Bojonegoro-Balen: Yayasan Pondok Pesantren Raudlotut Tholibin (YPPRT) Balen, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur ziarahi makbarah para kiai di sekitar Kecamatan Balen, Minggu (10/1/2021). Kegiatan ziarah ini dalam rangka memperingati hari ulang tahun yayasan ke-45 pada 15 Januari 2021. Tujuan ziarah selain mendoakan para kiai yang sudah wafat juga mengenang para pengembang dan penjaga Aswaja sekaligus pendiri yayasan pendidikan tertua di Kecamatan Balen tersebut.

Yayasan Pondok Pesantren Roudlotut Tholibin Balen lahir pada 15 Januari 1976. Menaungi tiga lembaga pendidikan formal, yakni MTs Islamiyah, MA Islamiyah, dan SMK Taruna yang semuanya berada dalam penjaminan mutu LP Ma’arif NU.

Ziarah pada tahun ini berbeda suasananya dibandingkan pada tahun-tahun sebelumya karena adanya pandemi covid-19 yang terjadi di seluruh dunia. Tahun lalu ziarah bahkan sampai ke makbarah al-magfurlah KH Abdulloh Faqih, Langitan, Kabupaten Tuban dan KH Mas Nur, Branjangan Surabaya, pelindung yayasan.

Sesuai dengan protocol Covid 19, rombongan ziarah dibagi menjadi tiga kelompok yang pesertanya dari guru putra lembaga masing-masing.  Kelompok MTs Islamiyah ziarah di makbarah Kiai Hasannaji, KH Khoirul Amin, KH Husna, Kiai Jamil, KH Suwaji, KH Abdul Hannan, KH Zuhri Qomar.

Berikutnya Kelompok MA Islamiyah ziarah di makbarah Kiai Hasannaji, KH Jakfar Shodiq, KH Fahrur Rozi, KH Hasyim Basri, dan KH İsmail. Sedangkan Kelompok SMK TARUNA ziarah di makbarah Kiai Hasannaji, KH Basuni, KH Sulaiman, KH Yusuf Jauri, KH Umar Basyir, KH Amar Makruf Makruf, KH Yusuf, dan KH Syukri.

Kegiatan ini dimulai pada pukul 06.30 WIB. Para peserta ziarah tetap mematuhi protokoler kesehatan (prokes) dengan memakai masker, jaga jarak, dan membawa hand sanitizer yang disediakan oleh panitia.

Ketua yayasan, KH Habrun, M.Ag mengatakan bahwa ziarah ke makbarah ini bertujuan sebagai bentuk penghormatan dan menghargai pengabdian, perjuangan para muasis YPPRT dalam mengembangkan ajaran Aswaja An-nahdiyah di Kecamatan Balen dan sekitarnya.

“Juga untuk menjalin ukhuwah dengan para keluarga pendiri, pengurus dan para guru yang telah mendahului, agar kita semua mendapatkan loberan dari berkah kesholehan mereka, sekaligus kita termotivasi untuk melanjutkan perjuangan dan ghirah untuk memajukan lembaga di yayasan ini,” sambung H Habrun

Selain ziarahi makbarah pendiri yayasan, rangkaian peringatan hari lahir yayasan yang berada di pusat kecamatan Balen tersebut juga dilaksanakan Khotmil Qur’an dan Istigotsah pada hari Jum’at, 15 Januari 2021, dan tanam pohon di Desa Kedungbondo, Kecamatan Balen pada hari Minggu, 17 Januari 2021 yang dikuti oleh dewan guru. (IR)

About The Author

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *