iklan atas
iklan atas
iklan atas
iklan atas
iklan atas

LP Maarif NU Jatim Akan Gelar Pelatihan Virtual Numerasi Selama 3 Bulan

354 Pembaca
Ketua PW LP Maarif NU Jawa Timur pada saat membuka pelatihan Virtual Prakrek Baik Numerasi untuk kelas Awal melalui Zoom Meeting. 22/6/2020

Gayungan-Surabaya; Sebagai tindak lanjut dari Halal bi Halal dan Seminar, PW LP Maarif NU Jawa Timur menyelenggarakan pelatihan berbasis dalam jaringan atau dikenal dengan Pelatihan Virtual tentang pengenalan Literasi dibidang Numerasi. Pada pembukaan acara tersebut 22/06/2020 di buka secara langsung oleh ketua PW LP Maarif NU Jawa Timur Noor Shodiq Askandar atau yang akrab di sapa Gus Shodiq.

Meski dengan media virtual acara pembukaan pelatihan tersebut berjalan dengan keceriaan para peserta pelatihan, karena suasana pelatihan yang tidak seperti biasanya. di samping itu faktor pandemi covid 19 yang berimbas pada social distansing menjadikan suasana yang berbeda pada acara tersebut.

Dalam sambutannya Gus Shodiq menyampaikan Apresiasi yang sangat besar kepada para panitia dan peserta sebab disaat kondisi yang serba terbatas masih berkhidmat untuk kemajuan pendidikan Nahdlatul Ulama melalui LP Maarif NU Jawa Timur.

Pelatihan yang di ikuti oleh 86 Peserta yang terdiri dari guru kelas awal yakni kelas 1. 2 dan 3 berasal dari MI dan SD di lingkungan LP Maarif NU Se Jawa Timur ini bertemakan “Pelatihan Virtual Praktek Baik Numerasi”. Kegiatan ini selama tiga bulan yakni Juni-Agustus 2020 dengan menggunakan pertemuan setiap hari rabu dan praktek materi Numerasi kepada siswa pada hari berikutnya.

Adapun tahapan dalam pelaksanaan pelatihan ini, para fasilitator menghimpun informasi tentang pembelajaran numerasi di kelas awal yang selama ini sudah dilaksanakan. beberapa guru menceritakan model pembelajaran matematika bagaimana tantangan serta keunikan saat mengajar matematika di kelas awal.

Salah satu peserta dari Pulau Bawean Dewi Hanum guru kelas awal MINU 01 Sawahmulya mengatakan, selama ini mengalami kesulitan mengajar karena anak didik kelas awal belum memiliki kemampuan baca tulis dan hitung (Calistung) dan pengalaman belajar anak didik masih seperti usia kelas pra sekolah atau Taman Kanak-kanak.

Pelatihan virtual guru kelas awal dengan menggunakan aplikasi zoom meeting ini merupakan hal baru bagi guru-guru, karena selama ini hanya melakukan pembelajaran secara langsung di kelas dan selama bulan maret hingga juni pembelajaran mayiritas dilakukan dengan menggunakan aplikasi media sosial yang mudah seperti Whatsapp, telephon genggam, Facebook, Instagram dan lain sebagainya

Menurut Maria Ulfa guru MI Kedung Kandang Malang menyampaikan Pembelajaran virtual dalam materi numerasi sesungguhnya memiliki kesulitan dan juga mudah diterapkan. seperti kendala saat mengakses aplikasi zoom meeting ini kesulitan signal akan tetapi ini adalah tantangan yang harus lalui sebab materi numerasi ini merupakan inovasi pembelajaran, kami ingin menambah pengalaman mengajar agar dalam aktifitas di kelas dapat belajar matematika dengan menyenangkan.

Pada akhir acara pembukaan pelatihan ini panitia menampilkan video praktek baik di beberapa MI Maarif NU yang pada tahun 2019 lalu mendapat pendampingan dari Inovasi dan LP Maarif NU PBNU. Sesuai dengan rencana kegiatan pelatihan ini akan di akhiri dengan unjuk prestasi peserta pelatihan pada bulan Agustus 2020 nanti.

About The Author

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *