iklan atas
iklan atas
iklan atas
iklan atas
iklan atas
iklan atas
iklan atas
iklan atas
iklan atas
iklan atas
iklan atas
iklan atas
iklan atas
iklan atas
iklan atas
iklan atas
iklan atas
iklan atas
iklan atas

LP Maarif NU Jatim Siapkan Program Memasuki Musim Tahun Ajaran Baru di Masa Pandemi Covid 19

517 Pembaca
Pengurus PW LP Maarif NU Jawa Timur saat melakukan rapat Pleno membahas persiapan tahun ajaran baru 2020/2021, yang akan dilaksanakan setelah Syawal 1441 H nanti dan telah menyiapkan program selama pandemi Covid 19.

Surabaya; Penyelenggara pendidikan saat ini harus mendesain pola agar mampu eksis dalam kondisi dan situasi pandemi Covid 19. Hal ini dirasakan oleh seluruh pengurus wilayah LP Maarif NU Jawa Timur pada saat rapat pleno menggunakan Webinar pada Kamis 21/5/2020.

Menurut Ketua PW LP Maarif NU Jawa Timur Noor Shodiq Askandar pada saat memberikan pengarahan mengatakan, Mudah-mudahan situasi seperti ini segera berakhir, tetapi bagaimanapun pendidikan di NU harus mampu menghadapi masalah yang mulai dirasakan oleh para pengelola pendidikan. Sebab masalah pandemi ini juga melanda pendidikan di seluruh dunia.

Pria asal Banyuwangi yang akrab di sapa dengan panggilan Gus Shodiq ini berharap problem pendidikan ini dapat segera diatasi oleh civitas LP Maarif NU terutama di Jawa Timur. Bagaimana sistem PPDB, pembelajaran, evakuasi, peningkatan kulitas guru, anggaran sekolah dan lain sebagainya.

Seluruh pengurus wilayah yang hadir menyampaikan saran dan gagasan serta melaporkan kondisi riil pendidikan NU di daerah se Jawa Timur. Hasil dalam rapat tersebut adalah segera PW LP Maarif NU Jawa Timur menyusun kegiatan pendampingan sekolah selama pandemi covid dengan memberikan motivasi, klinik konsultasi, membagi informasi, pelatihan dan juga kegiatan interaktif pengelola sekolah dan madrasah tetapi tetap mematuhi standar yang ditentukan Satgas Covid 19.

Wakil Ketua bidang Sekolah Unggulan Dr Hj Hanun Asrohah MA menyampaikan, LP Maarif NU Jawa Timur harus hadir untuk mendampingi Sekolah dan madrasah melalui kegiatan-kegiatan berbasis dalam jaringan (Daring). Hal ini agar para pengelola sekolah LP Maarif NU dapat memiliki inovasi pendidikan terutama pada masa seperti ini.

Senada dengan Dr Hanun, Wakil Ketua Bidang Prestasi Dr Sifak Indana menyampaikan, setuju dengan program yang diusulkan bu Hanun, dan bidang prestasi juga akan membuat kegiatan daring dengan sasaran peningkatan prestasi siswa.

Sementara itu Wakil ketua Bidang Aswaja dan Ke NU an KH Ali Ashar MPd mengatakan, akan mendesain materi pelajaran aswaja dengan pendekatan teknologi informasi yang mudah dapat dipelajari oleh guri dan siswa. Misalnya memanfaatkan media berbasis internet untuk bisa di akses secara langsung ataupun tidak langsung. Termasuk pelatihan dengan metode daring juga akan disiapkan.

Meski nanti menggunakan Webinar pelatihan-pelatihan tersebut akan di koordinasikan dengan kementrian agama dan dinas pendidikan agar sertifikat kegiatan dapat menambah akumulasi skor pada penilaian jabatan guru sebagai kenaikan pangkat guru sebagai syarat PKB guru.

Program yang lain juga disampaikan diantaranya LP Maarif NU Jatim, setelah lebaran Idul Fitri 1441 H akan membuka layanan pembaharuan piagam Kelembagaan LP Maarif NU dan melakukan sosialiasi kepada berbagai pihak tentang Badan Hukum yang digunakan oleh LP Maarif NU.

Bidang usaha LP Maarif NU telah menyiapkan kebutuhan kain dan buku ajar keagamaan, kain seragam dan saat ini sudah ready stock untuk dapat diakses oleh sekolah secara langsung melalui jasa ekspedisi barang seperti Pos Indonesia, Tiki dan lain sebagainya.

Program-program ini di harapkan menjadi ujung tombak dalam melaksanakan pendidikan pada tahun ajaran baru 2020/2021 di era Covid 19 dan rencana akan diselenggarakan setelah Idul Fitri 1441 H.

About The Author

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *