iklan atas
iklan atas
iklan atas
iklan atas
iklan atas

LP Maarif NU Jatim : UAMNU dan PAT Tetap dilaksanakan Dengan Metode Daring

820 Pembaca
Model pembelajaran dengan menggunakan sistem DIA di harapkan mampu meningkat pembelajaran anak didik dengan menngunakan pendekatan DIA (Deliveri. Interarctive dan Assasmente) di sekolah LP Maarif NU Jwa Timur

Sidoarjo-Waru; PW LP Maarif NU Jawa Timur mengeluarkan surat atas perkembangan kegiatan pendidikan pada akhir tahun ajaran 2019/2020, surat tersebut sebagai jawaban sekaligus petunjuk dalam melaksanakan pembelajaran serta antisipasi atas kondisi terkini.

Surat yang ditandatangani oleh Noor Shodiq Askandar Ketua PW LP Maarif NU Jawa Timur dan Sunan Fanani Sekretaris ini bernomor PW/426/A-6/III/2020 pada tanggal 2 Syaban 1441 H atau 27 Maret 2020 M tentang Penilaian Akhir Tahun Dan UAMNU 2019/2020. Surat ini sebagai jawaban dari wali murid, kepala sekolah/madrasah dan juga pegiat LP Maarif NU di Jawa Timur tentang assasment atau penilaian hasil belajar yang terdampak dari merebaknya pandemi global Covid 19.

Menurut Noor Shodiq Askandar mengatakan, surat ini sebagai petunjuk yang harus dilakukan oleh pihak LP Maarif NU di semua tingkatan dan juga kepala sekolah/madrasah di masing-masing satuan pendidikan dalam menjalankan arahan pemerintah atas pembelajaran di rumah (Study For Home). Para pengurus bidang evaluasi PW LP Maarif NU Jawa Timur telah menganalisis perkembangan terkini dan upaya solusi dengan mengutamakan pada pembelajaran di sekolah NU agar tetap berjalan tetapi menggunakan strategi pembelajaran yang berbasis DIA (Delivery, Interactive dan Assasment).

Model DIA saat ini menjadi salah satu upaya untuk melaksanakan pembelajaran daring atau on line tetapi tetap mengutamakan Social Distancing dan Physical Distancing sebagaimana arahan pemerintah RI.

Merujuk pada surat edaran Menteri Pendidikan dan kebudayaan nomor 4 tahun 2020 tentang pelaksanaan kebijakan pendidikan dalam masa darurat penyebaran corona Virus DISEASE (COVID- 19) terkait Musibah Wabah Covid-19 (Corona Virus Disease) yang telah ditetapkan oleh Badan Kesehatan Dunia (WHO/World Health Organization) sebagaipandemi dunia. Pemerintah Indonesia telah meminta seluruh rakyat Indonesia untuk belajar, bekerja dan beribadah dari rumah dan pada surat edaran PP LP. Maarif NU Jakarta nomor 525/SU/PP/LPM-NU/III/2020 tanggal 24 Maret 2020.

Pengurus Wilayah LP Maarif NU Jawa Timur menghimbau agar sekolah mempertimbangkan akan meluasnya penyebaran Corona Virus Disease (CoVid- 19) yang semakin meningkat maka kesehatan lahir dan batin siswa, guru, kepala sekolah dan seluruh warga sekolah menjadi pertimbangan utama dalam pelaksanaan kebijakan pendidikan. Maka perlu dilakukan langkah-langkah yang bisa dilakukan oleh satuan pendidikan Ma’arif NU Jawa Timur.

Yakni seluruh Satuan Pendidikan Maarif NU se-Jawa Timur berkenaan dengan UAMNU Tahun pelajaran 2019/2020 dan  Penilaian Akhir Tahun (PAT) Tahun Pelajaran 2019/2020 untuk jenjang MI/SD, MTs/SMP, MA/SMA dan SMK/MAK di Lingkungan LP Maarif NU Jawa Timur harus memperhatikan hal-hal berikut :

pertama, UAMNU 2019-2020 bagi Madrasah/sekolah Maarif  yang  belum melaksanakan. UAMNU  dilakukan secara online atau daring dengan menggunakan smartphone (HP) dirumah untuk semua jenjang. Aplikasi UAMNUBK yang sudah singkron bisa di-online-kan melalui IP Dynamic indihome,Tutorial cara meng-onlainkannya sedang disusun oleh tim. Edukasi proktor melalui tutorial dari operator HD PW maarif  NU. PW Maarif NU Jawa Timur  tidak menyediakan file naskah soal soal dalam bentuk mentah (raw), Pdf, atau words, Distribusi soal ujian hanya melalui aplikasi, tapi masih menerima pendaftaran secara online di www.mindmaarif.net

Kedua, Sekolah yang ingin ujian online melalui google form atau aplikasi yang lain bisamendapatkan soal melalui VHD yang sudah singkron. Mekanisme pendaftaran ke wilayah wajib mencantumkan nama sekolah dan jumlah siswa. Approval dilakukan oleh petugas pendaftaran Ujian Wilayah (bukan cabang), berdasarkan data lembaga yang didaftarkan cabang. HD melakukan singkronisasi berdasarkan hasil approval petugas pendaftaran wilayah. Beberapa perubahan kecil (minor upgrade) pada akses HD cabang.

Ketiga, Penilaian Akhir Tahun 2019/2020 dilakukan secara online atau daring dengan menggunakan smartpon dirumah untuk semua jenjang, Aplikasi PAT BK hampir sama dengan Aplikasi UAMNUBK

Ke empat, Mekanisme pendaftaran dan approval sama seperti UAMNU. Pamindahan hosting dari yang lama ke yang baru dengan perpanjangan 2 bulan (Mei s.d Juni). Proses pembuatan server online menggunakan IP Dynamic Indihome. Tutorial menyusul. dan ada usulan soal uraian level HOTS lebih banyak daripada soal pilihan ganda karena ujian dilakukan di rumah. (Fuad)

 

About The Author

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *