iklan atas
iklan atas
iklan atas
iklan atas
iklan atas
iklan atas
iklan atas
iklan atas
iklan atas
iklan atas
iklan atas
iklan atas
iklan atas
iklan atas
iklan atas
iklan atas
iklan atas
iklan atas
iklan atas

Maarif Mart, Unit Bisnis YPP Roudlotut Tholibin Balen

548 Pembaca
Tampak depan Maarif Mart sebagai wujud kemandirian kelembagaan

Bojonegoro-Balen; Maarif Mart berdiri sejak tahun 2015 di Yayasan Pondok Pesantren Roudlotut Tholibin (YPPRT) Balen, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur. Awalnya berbentuk Mini Market Modern (M3) yang merupakan unit usaha ekonomi Koppontren Roudlotut Tholibin untuk melayani kebutuhan belanja pendidik, siswa-siswi, dan masyarakat umum dengan mudah, hemat serta murah.

Yayasan yang berjarak sekitar 200 meter dari perempatan Balen ini juga mengelola TPQ An Najah 1 dan 2, Madrasah Diniyah, LKSA Darul Mahasin, BLK Komunitas APHP, KBIHU Assalam, Ponpes Roudlotut Tholibin, Ponpes Darul Hikmah, Mts Islamiyah (Terakreditasi A), MA Islamiyah (Terakreditasi A), dan SMK Taruna (Terakteditasi A). Semua lembaga tergabung dalam penjaminan mutu LP Maarf NU.

“Maarif Mart awalnya berbentuk Mini Market Modern (M3) “Bahtera” yang merupakan unit usaha Koppontren Roudlotut Tholibin. Koppontren ini berdiri sejak 1997 yang lalu, yang juga mengelola unit simpan pinjam dan usaha agrobisnis,” kata H Fatkur, ketua Koppontren, Minggu (26/1/2020).

Pendidik yang mengampu pelajaran Ekonomi di MA Islamiyah ini menambahkan, Maarif Mart memberi manfaat yang besar kepada pendidik dan sisw-siswi yayasan, juga masyarakat sekitar.

“Bagi siswa-siswi bermanfaat dalam proses pembelajaran, yakni untuk media belajar dalam bertransaksi. Juga untuk mengenalkan kepada mereka terhadap salah satu badan usaha yang sesuai dengan UUD 1945 pasal 33. Sedangkan secara umum memudahkan siswa-siswi, pendidik, dan masyarakat sekitar memenuhi kebutuhan belanja,” ujar H Fatkur lagi.

Selain itu, sambung H Fatkur, Maarif Mart mampu meningkatkan kesejahteraan anggota dari SHU yang dibagikan. Masyarakat sekitar juga ikut menikmati kesejahteraan dari makanan dan minuman ringan yang dititipkan untuk dijual.

“Bisa pula membantu mengurangi pengangguran dengan tersedianya lapangan pekerjaan bagi karyawan. Yang terakhir bisa ikut tampil sebagai pelaku ekonomi modern agar pasar tidak didominasi oleh ritel yang lain,” sambung pria yang juga pengurus MWCNU Balen itu.

Maarif Mart terletak di tempat yang sangat strategis, yakni berada di pinggir jalan poros kabupaten Bojonegoro, tepatnya jurusan Kecamatan Balen – Sugihwaras. Barang yang diperdagangkan beragam, mulai sembako, alat rumah tangga, kebutuhan sehari-hari, ATK, pakaian seragam, perlengkapan pramuka, makanan dan minuman ringan, dan lain-lain.

Sementara itu manager Maarif Mart YPPRT, Hj Nur Laily Choiriyatin mengatakan bahwa konsumenya beragam, selain siswa-siswi, dewan guru, karyawan yayasan, santri ponpes, juga masyarakat umum, Sabtu (25/1/2020).

“Saat jam istirahat sekolah pada pukul 09.50-10.00 Wib dan pukul 12.00-12.30 Wib dipastikan para siswa-siswi memenuhi Maarif Mart untuk membeli makanan dan minuman ringan. Kalau sore atau malam yang belanja biasanya masyarakat umum dan santri pondok. Omsetnya rata-rata Rp 2.000.000 per hari atau Rp 60.000.000 per bulan,” kata Hj Laily, panggilanya.

Hj Laily menyampaikan, saat ini Maarif Mart memperkerjakan 4 orang karyawan, semua merupakan alumni dari yayasan, baik dari MA Islamiyah atau SMK Taruna.

“Belanja di Maarif juga lebih mudah, hemat dan murah. Khusus untuk penanam saham mendapatkan potongan harga yang diakumulasi berupa voucer yang dibagikan setiap awal bulan. Di Maarif Mart Belanja syar’i, halal pasti,” kata Hj Laily berpromosi sambil menirukan tagline Maarif Mart.

“Alhamdulillah, sejak ada Maarif Mart saya kalau belanja tidak perlu-jauh. Segala kebutuhan insyaAllah ada, di samping itu harganya juga bersahabat, pelayananya bagus. Jadi tidak rugi deh kalau belanja di Maarif Mart,” kata Siti Rukmah, pelanggan Maarif Mart yang juga pendidik di Mts Islamiyah,Sabtu (25/1/2020).

“Selain itu setiap bulan ramadan kalau belanja minimal Rp 10.000 mendapatkan 1 kupon undian yang akan diundi di akhir ramadan. Kita akan mendapatkan hadiah jika beruntung. Jadi yang belum belanja di Maarif Mart YPPRT, ayo segera ikutan belanja, siapa tahu beruntung seperti saya yang mendapatkan hadiah mesin cuci pada ramadan tahun kemarin,” ajak Rukmah.

About The Author

Related posts

1 Comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *