iklan atas
iklan atas
iklan atas
iklan atas
iklan atas

Ujian PAS LP Maarif NU Jatim Menggunakan Berbasis Komputer dan Smartphone

380 Pembaca
Siswa SMK Wachid Hasyim 2 Surabaya saat melaksanakan ujian PAS di sekolah, model evaluasi pembelajaran seperti ini sangat disukai oleh siswa karena sesuai dengan semngat model pembelajaran era 4.0

Surabaya-Gayungsari; Sesuai dengan amanat pada Muskerwil I PWNU Jawa Timur dalam bidang pendidikan yakni peningkatan sumber daya manusia dan pengembangan pendidikan unggul, LP Maarif NU Jawa Timur menyelenggarakan kegiatan evaluasi pembelajaran semester gasal atau disebut dengan PAS (penilaian Akhir Semester).

Jika biasanya evuluasi pembelajaran berbasis kertas (paper based) mulai tahun ajaran 2019/2020 ini PW LP Maarif NU Jawa Timur menggunakan sistem berbasis komputer (Computer cased). kegiatan yang PAS di ujikan sejak tanggal 2/12/2019 ini bertempat diseluruh sekolah/madrasah di lingkungan LP Maarif NU Jawa Timur.

Siswa SMA 02 Diponegoro Jember bersemangat dalam mengerjakan ujian PAS tahun ini.

Menurut Drs KH Faqih Arifin wakil ketua PW LP Maarif NU Jawa Timur yang membidangi evaluasi pembelajaran mengatakan, sistem ujian yang dilakukan oleh LP Maarif NU bersama sekolah dan madrasah ini dilakukan dalam rangka menjaga mutu kualitas pendidikan Nahdlatul Ulama, dimana proses belajar mengajar dilakukan oleh lembaga pendidikan di semua tingkatan sedangkan penjaminan mutu di standarisasi oleh LP Maarif NU Jawa Timur.

Pelaksanaan PAS semester ganjil ini ada yang berbeda yakni mulai tahun ajaran 2019/2020 ini PW LP Maarif NU Jawa Timur menyelenggarakan ujian berbasis komputer dan juga berbasis smartphone. Upaya ini sebagai gayung bersambut dari masukan dari PC LP Maarif NU Se Jawa Timur yang mengusulkan PAS berbasis komputer hal ini karena sebagai tuntutan perkembangan zaman yakni era digitalisasi milenial pembelajaran abad 21. ujar mantan ketua PC LP Maarif NU Kabupaten Lamongan ini.

MA Maarif NU Nurul Islam Bades Pasirian Lumajang ujian menggunakan laboratorium madrasah

Senada dengan hal tersebut Hizbullah Huda MPd Wakil Sekretaris PW LP Maarif NU Jawa Timur menyatakan, Kegiatan PAS ini di ikuti oleh dua model yakni ada sekolah yang masih memakai kertas dan ada menngunakan Komputer, lebih dari 40% jumlah menggunakan komputer dan smartphone.

Lanjutnya dia mengatakan, Ujian berbasis komputer ini telah dirancang oleh PW LP Maarif NU jawa Timur sejak tahun 2015 yakni pada saat UAMNU, dan pada tahun ini kita kembangkan untuk PAS dan nantinya PAT juga. Ujar alumni S2 Unesa Surabaya yang juga penanggung jawab sistem komputerisasi di PW LP Maarif NU Jawa Timur.

Dalam kesempatan yang lain M Yusuf Proktor SMA NU 1 Gresik mengatakan, persiapan yang dilakukan dalam ujian PAS terutama berbasis komputer ini hanya dilakukan dalam waktu tiga bulan, meski waktu yang sangat sempit tetapi dukungan sumber daya yang henat dari para proktor sekolah madrasah di tingkat SD/MI, MTs/SMP dan SMA/SMK/SMA menjadikan proses penyiapan diluar jadwal yang sudah kami siapkan.

Dalam waktu dekat sekitar bulan Februari 2020 PW LP Maarif NU Jawa Timur akan menyelenggarakan UAMNU yang akan di selenggarakan secara serentak, hal ini sebagai realisasi program yang telah diamantkan oleh PWNU Jawa Timur kepada LP Maarif NU dalam rangka mencetak sumberdaya manusia dan lembaga pendidikan yang unggul.

About The Author

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *