iklan atas
iklan atas

UAMNU, PAT, PAS Ujian CBT LP Maarif NU Jatim Gunakan VHD Bukan Yang Lain

865 Pembaca
MA Maarif NU Nurul Islam Bades Pasirian Lumajang ujian menggunakan laboratorium madrasah

Surabaya-Gayungsari; Ujian yng diselenggarakan oleh PW LP Maarif NU Jawa Timur dilaksanakan dengan menyesuaikan dengan perkembangan zaman. Sejak 2015 evaluasi pembelajaran PW LP Maarif NU Jawa Timur menggunakan Computer Based Test atau dikenal dengan istilah CBT atau ujian berbasis Komputer atau BK.

Jika kita pelajari lebih lanjut, Computer Based Test atau Tes Berbasis Komputer adalah tes dengan sistem yang tersetruktur dan pelaksanaannya menggunakan komputer sebagai media untuk melakukan tes. Berbeda dengan model evaluasi pembelajaran sebelumnya yang mengandalkan Paper Based Test atau dikenal dengan PBT. Sejak beberapa tahun ini penggunaan computer based lebih marak di banding dengan paper based.

PW LP Maarif NU Jawa Timur sejak awal menggunakan softwere VHD Ujian Maarif NU tidak menggunakan piranti yang lain seperti Edubox dan lain sebagainya. Sistem VHD ini sama dengan standart sistem yang juga dipakai oleh Ujian Nasional, sehingga sekolah tidak direpotkan dengan pengenalan sistem dan mekanisme komputer di sekolah atau madrasah.

Menurut M Yusuf ST proktor tim Evaluasi PW LP Maarif NU Jawa Timur menyampaikan, sistem komputer pelaksanaan ujian dengan sistem CBT atau Computer Based Test tentu memiliki perbedaan dengan sistem PBT atau Paper Based Test dalam hal media pengerjaan. Aplikasi CBT Maarif NU tersimpan pada Virtual Machine Oracle atau biasa dikenal dengan VHD sebagai pengganti Server Xeon dan lain-lain.

Yusuf menambahkan, adapun kelebihan ujian menggunakan sistem menggunakan VHD adalah pertamaI spesifikasi Komputer server utama minimal Core I3 dengan memori 8 GB. Kedua  Bisa diakses client 150 siswa dengan spesifikasi tersebut diatas. Ketiga, dengan adanya VHD kita seperti berada pada Server sesungguhnya. ke empat, Semua data sudah terintegrasi dengan MIND (Management Information And Database) Maarif Jawa Timur, ke lima selaras dengan program Pemerintah tentang Ujian-ujian USBN dan UN, ke enam, ke tujuh, Aplikasi Ujian Maarif (AUMVHD) bisa responsif pada Gadget/HP Android dan bisa digunakan kegiatan UH, PAT/PAS, TEST PPDB dan lain-lain dan terakhir ke delapan , Biaya bisa ditekan semaksimal mungkin karena menggunakan VHD.

Untuk memudahkan melaksanakan evaluasi pembejaran sekolah/madrasah progtor harus menguasai sistem ini dan waktu mempelajari sistem ini hanya membutuhkan waktu beberapa saat sekitar 2-4 jam sehari insyaallah bisa. Bahkan PW LP Maarif NU Jawa Timur sudah menyediakan  tenaga khusus untuk memvasilitasi madrasah dan sekolah di bawah naungannya untuk berkonsultasi lebih lanjut. Adapun beberapa nama yang bisa di kontak adalah melalui WA 081231508926 atau M Yusuf 081335381442 atau kunjungi situs www.evamaarif.net

About The Author

Related posts

1 Comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *