Upacara Bendera HSN 2019 Kecamatan Balen Bojonegoro.

56 Pembaca
TNI, Polisi, Ulama dan Santri di kecamatan Balen Kabupaten Bojonegoro ikuti upacara peringatan HSN 2019 dengan hidmat

Bojonegoro-Balen; Upacara bendera dalam rangka peringatan Hari Santri Nasional (HSN) 2019 Kecamatan Balen, Kabupaten Bojonegoro dipusatkan di lapangan SMK Taruna Balen, Selasa (20/10/2019).

SMK Taruna merupakan bagian dari lembaga pendidikan Yayasan Pondok Pesantren Roudlotut Tholibin (YPPRT) Balen bersama Madrasah Tsanawiyah Islamiyah (MTSI), dan Madrasah Aliyah Islamiyah (MAI). Ketiganya berada berada di bawah naungan LP Maarif NU.

Upacara ini diikuti oleh perwakilan siswa-siswi lembaga pendidikan se-Kecamatan Balen, pengurus MWCNU Balen beserta Banom, anggota TNI, Polri, guru TPQ, dan lainya.

Sekretaris YPPRT, ustaz Mustakim mengatakan  yayasan tidak mengadakan upacara tersendiri dalam HSN 2019 ini karena menjadi tuan rumah upacara tingkat kecamatan. “Siswa kita mengikuti upacara ditingkat kecamatan Balen yang dilaksanakan di lapangan SMK Taruna,  yang juga bagian dari yayasan kita,” katanya.

Tema HSN 2019 adalah “Santri Indonesia Untuk Perdamaian Dunia”.

Petugas upacara dalam HSN 2019 ini adalah Pembawa acara Mei’atin Nai’mah (Kesra Kecamatan Balen), Pemimpin upacara Yusuf Efendi (Banser), Pembacaan ayat suci Al Qur’an Ichwan Irzami (MTSI Balen), Pengatur upacara Zainul Arifin (MIDU Kabunan), Pembina upacara H. Husnan (camat Balen), Pengibar bendera (siswa MAI), Pembaca teks pembukaan UUD 1945 Miftakhur Rohman (MTSN Balen), Pembaca ikrar santri Ahmad Syakir (FKDT Balen), Pembaca teks Resolusi Jihad H. Mariyadi (MWCNU Balen), Pembaca doa KH Mulazim (SMPN 1 Balen), dan Drumband Gita Bahana Yapinurisda (MINI 2 Margomulyo Balen).

Sebagian amanat dari menteri agama yang dibacakan camat Balen, H. Husnan bahwa Presiden Joko Widodo melalui Keputusan Presiden Nomer 22 Tahun 2015 telah menetapkan tanggal 22 Oktober sebagai Hari Santri. Penetapan tanggal 22 Oktober merujuk pada tercetusnya “Resolusi Jihad” yang berisi fatwa kewajiban berjihad demi mempertahankan kemerdekaan Indonesia. Resolusi jihad ini kemudian melahirkan peristiwa heroik tanggal 10 November 1945 yang kita peringati sebagai Hari Pahlawan.

Upacara HSN 2019 ini berjalan tertib dan hikmat walau sinar matahari bersinar dengan panas. Setelah kegiatan upacara selesai acara dilanjut dengan ramah tamah di ruang kelas SMK Taruna yang punya tagline Jujur, Adil, Disiplin, Ulet, Legal (JADUL) itu untuk semua tamu undangan. (IR)

About The Author

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *