Tangga Pintar Media Belajar Anak Penjumlahan

222 Pembaca
Mengelola kelas awal materi berhitung biasanya guru mengalami kesulitan dalam menyampaikan, hal ini dapat di atasi oleh Rohmawati SPd guru MI Al Qadir Taman Sepanjang Kabupaten Sidoarjo Jawa Timur ini

Surabaya-Taman; Wajah penasaran anak didik kelas 1 di pagi hari selasa 8/10/2019 menjadi semakin gusar karena sehari sebelumnya guru kelas tersebut Rohmawati S.Pd atau biasa di panggil Bu Wati berjanji akan masuk kelas dengan kejutan belajar matematikan di MI Al Qadir Taman Kabupaten Sidoarjo.

Tepat pukul 08.20 WIB bu Wati masuk kelas dan setelah salam dan berdoa anak didik MI Al Qadir langsung bertanya. Sambil tersenyum bu Wati memperkenalkan alat permainan berbentuk tangga berwarna orange dengan di hiasi angka 1-10 secara bertingkat.

Dalam waktu singkat penasaran 25 anak didik kelas 1b MI Al Qadir ini semakin serius mendengar penjelasan bu Wati yang pada hari itu akan mengajak bermain penjumlahan dengan menggunakan mainan yang telah di bawa olehnya.

Model pembelajaran ini yang digunakan oleh Rohmawati SPd guru MI Al Qadir Taman Sidoarjo dalam mengajarkan materi penjumlahan dengan metode tangga pintar ini digunakan dalam menyampaikan pembelajaran di dalam kelas. Media belajar Tangga Pintar ini dia desain khusus untuk kegiatan kelas hari itu.

Menurut Wati mengatakan, Media ini di desain bersamaan setelah penyusunan RPP, penugasan materi ajar. Sengaja disiapkan agar anak kelas awal memiliki ketertarikan untuk mudah belajar berhitung. Ujar Alumni UIN Sunan Ampel Surabaya ini

Selama ini pengajaran berhitung dilakukan oleh guru dengan cara berceramah dan hanya menggunalan media papan tulis saja untuk menyampaikan materi pembilangan. Pada hari ini desain pembelajarannya dirubah dengan cara membuat media pembelajaran berhitung dengan menggunakan sarana yang tersedia dilingkungan sekitar. Inilah yang menjadikan tertarik dan penasaran. Ujar perempuan yang menjadi guru 3 tahun lalu ini.

Sosok Rohmawati ini adalah salah satu guru di MI Al Qadir yang menjadi sasaran program Numerasi yang diselenggarakan oleh LP Maarif NU Pusat bekerja sama dengan Inovasi. Program ini dilaksanakan dalam rangka membekali guru dalam mengelola kelas awal pada kemampuan pembelajaran numerasi. MI Al Qadir merupakan salah satu Madrasah Ibtidaiyah di Kabupaten Sidoarjo yang bertempat di kawasan Taman Sepanjang. (Dewi)

About The Author

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *