Siswa Kencong-Jember Lolos Grand Final MSLA 2019 di Jakarta

51 Pembaca
Muhammad Fatkhan pelajar MA Maarif NU Kencong Jember lolos seleksi pada ajang MSLA atau Madrasah Student Leadership Award 2019 di Jakarta

Jember-Kencong: Kesempatan yang baik dialami Muhammad Fatkhan pelajar MA Maarif NU Kencong Jember lolos seleksi pada ajang MSLA atau Madrasah Student Leadership Award 2019 di Jakarta. Fatkhan merupakan salah satu santri yang tinggal di Yayasan Al-Athfal Kencong dan satu-satunya peserta dari Madrasah swasta di bawah naungan LP Maarif NU. Kegiatan ini merupakan kali kedua yang diadakan oleh Kementerian Agama Republik Indonesia dalam rangka menyemarakkan rangkaian peringatan hari santri Nasional dan sumpah pemuda tahun 2019 Kementerian Agama melalui Direktorat Kurikulum, Sarana, Kelembagaan dan Kesiswaan Madarasah (KSKK). Tema yang diusung adalah “Generasi Muda Menyongsong Revolusi Industri 4.1”.

Siswa yang akarab dipanggil Fatkhan ini maju tingkat Nasional sebagai delegasi dari Jawa Timur dan diundang ke Jakarta pada akhir Oktober 2019 untuk berkompetisi dengan peserta dari berbagai daerah di seluruh Indonesia. Bekal mengikuti lomba tersebut Fatkhan mendapatkan pembinaan oleh panitia penyelenggara dengan mengikuti serangkaian acara lain seperti workshop, seminar dan pendampingan.

Kepala MAS Ma’arif NU Kencong Muhammad Zaenuri, S. Pd. bersyukur dan bangga atas prestasi yang telah diraih anak didiknya. Dia berharap prestasi tersebut dapat memicu dan memotivasi anak didik yang lain terutama civitas Madrasah untuk mencapai visi madrasah Mencetak Santri yang Unggul prestasi berpijak pada nilai Islami dan akhlaqul karimah. Dan juga menyampaikan banyak terima kasih kepada semuanya yang telah ikut membantu kegiatan ini

“Kami memberikan dukungan penuh dan kami meminta kepada guru pendamping untuk mempersiapkan siswanya supaya lolos di tingkat nasional Dan nanti menjadi barokah bagi kita semua” ujar Kesiswaan MA Ma’arif NU Kencong.

Tidak cukup dari madrasah saja yang mendampingi, Pihak Kementrian Agama Kabupaten Jember,   juga akan ikut mengawal dan memberikan pendampingan bekerjasama dengan pihak-pihak terkait  demi suksesnya kegiatan ini, ungkapan Edy Sucipto selaku kepala seksi Pendidikan Madrasah Jember.

Edi Sucipto memberi arahan dan juga menjelaskan bahwa kegiatan yang diikuti Fatkhan ini adalah ajang bergengsi yang berhak diikuti oleh seluruh siswa yang menjadi pengurus OSIS Madrasah dan masih aktif sebagai siswa.

Lomba ini terdiri dari dua tahap, yaitu seleksi naskah esai dan tahap debat ilmiah. Melalui seleksi yang sangat ketat, dari semua peserta se-Indonesia yang mengirimkan karya esainya dan dinyatakan lolos 33 peserta. Dari jumlah itu nantinya akan diambil peserta terbaik yang berhak masuk tahap debat ilmiah di ajang grand final, mereka adalah perwakilan OSIS Madrasah Aliyah seluruh Indonesia yang akan diberi bekal oleh Tim khusus yang ditunjuk agar betul-betul prima ketika berlaga pada sesi debat yang akan diselenggarakan di Jakarta nanti.

Kepala Madrasah mewakili seluruh dewan guru serta karyawan MAS Ma’arif NU Kencong berharap bahwa pasca kegiatan ini kami menjadi pionir dan duta Madrasah untuk daerah kami dan  akan terus berusaha untuk mencetak calon pemimpin masyarakat yang memiliki karakter leadership yang kuat dan berintegritas. (Zn)

About The Author

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *