Peluang Pendidikan Internasional; LP Maarif Jatim Siapkan Volunteer dari Uni Eropa

LP Maarif NU Jatim gelar Seminar Pendidikan yang menbahas tentang peluang Internasionalisasi pendidikan NU antara harapan dan peluang yang dilaksankan bekerjasama dengan Dejavato Fundation di Situbondo Jawa Timur

Situbondo-Arjasa; Kebutuhan terhadap peningkatan mutu pendidikan terutama warga NU atas sekolah dan madrasagh mendorong PW LP Maarif NU Jawa Timur untuk terus melakukan inovasi program lembaga pendidikan.

Sesuai dengan ciri pembelajaran Abad 21, Salah satu indikator lembaga pendidikan yang bermutu adalah memiliki kerjasama dengan berbagai stakeholder untuk mampu menemukan inovasi dan peluang pendidikan yang lebih berkualitas. Semakin luas ruang lingkup kerjasama maka semakin menunjukkan kualitas lembaga itu.

Untuk meningkatkan kualitas pendidikan di madrasah/sekolah inilah PW LP Maarif NU menyelenggarakan seminar pendidikan tentang peluang internasionalisasi pendidikan di lingkungan Nahdlatulm Ulama di Madrasah Tahfidz Qur’an Adz Dzikra Arjasa Situbondo pada 31/8/2019

Dalam acara seminar yang diselenggarakan setelah upacara Giat Santri Nusantara I Se Jatim Tersebut di hadiri oleh Ketut Purwantoro dari Dejavato Fundation dan dihadiri oleh PC LP Maarif NU Se Jatim dan Kepala sekolah SMA/MA dan SMK baik berbasis pesantren dan LP Maarif NU, dan juga Muhammad Faqih PhD wakil ketua PW LP Maarif NU Jawa Timur bidang Pendataan kelembagaan.

Pada kesempatan pertama Muhammad Faqih PhD menyampaikan, PW LP MAarif NU Jatim sangat bertierimakasih atas bantuan dan dukungan seluruh PC se Jatim atas masukan dan koreksi data kelembagaan, hal ini penting karena peluang pendidikan dan kemajuan madrasah/sekolah LP Maarif NU akan terus di genjot mulai tahun ini. ujar mantan pengurus PCI NU London ini.

Pada kesempatan berikutnya Ketut Purwantoro dari Dejavato Fundation menyampaikan peluang pendidikan NU untuk bisa bekerjasama dalam penguatan sumberdaya manusia NU melalui jejaring dengan pihak asing (luar negeri) baik penyediaan tenaga Volunteer dari luar negeri (eropa) sebagai pendamping guru di sekolah dan madrasah sampai membuat program kerjasama pengembangan pembelajaran dan pengalaman pendidikan di LP Maariuf NU dengan pendidikan luar negeri bahkan pertukaran pelajar budaya dan pendidikan sosial anak didik.

Program PW LP Maarif NU Jawa Timur ini akan dilakukan dengan cara membuka peluang kerjasama dengan Dejavato Foundation yang dilakukan melalui penandatanganan MoU yang dilakukan antara PW LP Maarif NU Jawa Timur dan Dejavato pada tanggal 31/08/2018, dalam perjanjian kedua lembaga akan menjalin kesepakatan untuk meningkatkan kualitas pendidikan secara bersama-sama melalui pengiriman volunteer dari luar negeri ke Indonesia.

Menurut Ketut Purwantoro, “Kebanyakan volunteer yang kami kirim berasal dari Uni Eropa, karena Sekolah di Indonesia lebih suka bertemu dengan bule dari pada orang Asia atau Afrika lainnya”. masyarakat luar negeri juga ingin mengenal banyak kehidupan budaya masyarakat Indonesia dan keunikan masyarakatv terutama pendidikan di LP Maarif NU di Jawa Timur.

PW LP Maarif NU Jawa Timur akan memfasilitasi Sekolah atau Madrasah seluruh jenjang (MI/SD, SMP/MTs, SMA/MA dan SMK) di bawah naungannya untuk mengajukan ke Dejavato para Volunteer dan pengiriman Volunteer Indonesia ke sekolah-skolah di beberapa asia dan eropa. (ayik)

 

About The Author

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *