Madrasah Tengah Kota Peduli Kebersihan Lingkungan

102 Pembaca
MI Al Jihad Kalibokor Pucang Sewu Madrasah di tengah kawasan perkotaan yang ikut berpartisipasi membersihkan lingkungan madrasah dengan program Berjumpa (bersih Jumat Pagi)

Surabaya-Gubeng; berbagai inovasi dibuat oleh masyarakat kalibokor untuk menjaga Kebersihan dan keindahan di wilayah mereka. Salah satu diantaranya adalah MI Al Jihad saat melaksanakan program BERJUMPA (Bersih-bersih jumaat Pagi) yang bersih-bersih di sekitar kawasan madrasah Kalibokor Gg 2 Surabaya pada Jumat 27/9/2019.

Madrasah binaan LP Maarif NU Kota Surabaya ini memiliki program unik yang dilaksanakan setiap hari jumat pagi, kegiatan ini didukung penuh oleh masyarakat untuk menjaga madrasah yang bersih dan Islami

Seluruh siswa dan siswi begitu sigap dan cakap dalam membersihkan daerah sekitar wilayah mereka. Tidak berhenti disitu saja, mereka semua saling bahu-membahu atau bergotong royong dalam membersihkan semuanya dengan baik sesuai dengan kelas mereka masing-masing. Mulai dari Siswa kelas 1 sampai kelas 3 yang diberi tugas untuk membersihkan area kelas masing-masing. Untuk siswa kelas 4 membersihkan area depan pintu madrasah. Sementara kelas 5, didepan pintu gerbang sampai unjung gang kearah timur plus halaman masjid di sekitar Pucang Sewu ini. Sedangkan untuk kelas 6, menyisir halaman madrasah plus toilet madrasah.

Menurut Kepala Sekolah Mochamad Soleh, S.Ag, mengatakan beberapa tujuan dari program BERJUMPA ini. “yang pertama, tujuan dari kegiatan ini sebagai Madrasah memiliki motto yang berbunyi kebersihan dari iman untuk mengaktualisasikannya kami harus kerja nyata. Yang kedua, dengan berjumpa, kami mengedukasi siswa kami betapa pentingnya kebersihan untuk kesehatan dan kenyamanan mereka dalam belajar. kebiasaan ini sudah diajarkan oleh para masyayikh NU terutama para santri saat di pesantren dengan program ro’an,” kata kepala madrasah yang beralamat JL Kalibokor II no 35A Surabaya ini.

Selanjutnya yang ketiga dengan kerja bareng maka pasti akan memotivasi siswa agar lebih rajin dan membiasakan mengerjakan dengan sepenuh hati. Dengan kegiatan rutin berjumpa ini, maka kita dapat mendorong siswa agar rajin mengerjakan dengan baik serta mampu menerapkan semangat untuk menjaga kebersihan lingkungan.

MI Al-Jihad merupakan madrasah yang berada ditengah keramaian surabaya, disekitar lokasi madrasah ini di kelilingi kampus B Unair Surabaya dan perkantoran dan pertokoan. (sol)

About The Author

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *