Maarif NU Jatim Siapkan PAS 2019 Berbasis Komputer

12 Pembaca
Wakil Sekretaris LP maarif NU Jatim H Miftahul Huda MPd saat memberikan pengarahan pada pembukaan pelatihan dan koordinasi proktor Penialian Akhir Semester di PWNU Jatim Aula Salsabila pada ahad 29/9/2019

Surabaya-Gayungsari; Persiapan evaluasi pembelajaran yang dilaksanakan pada akhir semester mulai di siapkan oleh PW LP Maarif NU Jawa Timur pada Ahad 29/9/2019. Acara yang diikuti oleh 140 orang koordinator Proktor tingkat cabang seluruh tingkatan Se Jawa Timur ini diselenggarakan di Aula Salsabila PWNU Jawa Timur JL Masjid Al Akbar Timur No 9 Surabaya.

Hadir pada saat pembukaan Drs KH A Faqih Arifin wakil ketua PW LP Maarif NU Jawa Timur beserta wakil sekretaris PW LP Maarif NU Jawa Timur di dampingi Ustadz Abdullah Fuad ST yang juga guru SMK YPM Sepanjang Sidoarjo.

Pada saat pembukaan KH Faqih Arifin menyampaikan, “kegiatan evaluasi pembelajaran di lingkungan LP Maarif NU Jawa Timur ini telah berjalan sejak tahun 1970. Yakni kegiatan rutin evakuasi di tingkat sekolah dan madrasah dengan standar evaluasi pembelajaran LP Maarif NU Jawa Timur. Jika dulu dilakukan dengan cetak kertas (paper base) zaman ke kinian LP Maarif NU Jatim menggunakan ujian berbasis komputer/hp. Kata mantan ketua PC LP Maarif NU Kabupaten Lamongan ini.

Meski evaluasi pembelajaran oleh pemerintah dilaksanakan oleh guru dengan berbasis sekolah/madrasah oleh PW LP Maarif NU Jatim di laksanakan secara berjamaah atau di koordinir oleh secara terpusat oleh LP Maarif NU tingkat Jawa Timur. Hal ini bertujuan agar penjaminan mutu pendidikan di seluruh sekolah madrasah LP Maarif NU Se Jawa Timur dapat merata kemampuannya. Baik sekolah yang di kota maupun yang berada di seluruh pelosok daerah. Di sisi lain juga mengajak sekolah/madrasah agar sudah saatnya menggunakan kemajuan teknologi telekomunikasi sebagai pengembangan media belajar.

Sementara itu Abdulah Fuad atau cak Fuad panggilan akrabnya menyampaikan, jumlah peserta PAS ini mengalami peningkatan di banding tahun-tahun sebelumnya saat memakai kertas (paperless), sebabnya para pengurus cabang melaporkan jumlah peserta mangalami kenaikan dikarenakan banyaknya sekolah/madrasah LP Maarif NU tahun ajaran 2019 ini membludak seiring dengan banyaknya sekolah negeri yang pada tahun pelajaran 2019 tidak dapat jumlah murid meski dengan sistem zonasi.

Ditambah lagi model evaluasi pembelajaran di sekolah/madrasah sudah menggunakan sistem on line atau biasa disebut berbasis komputer (BK). Tetapi kami juga tetap menyediakan naskah soal PAS bagi sekolah/madrasah yang belum memiliki sarana dan tenaga khusus untuk melaksanakan ujian ini.

Kegiatan pelatihan yang juga dalam rangka peringatan hari santri 2019 ini juga menghadirkan fasilitator dari guru yang terampil dalam bidang nya, seperti M Yusuf ST dari SMANU 1 Gresik dan Hizbullah Huda MPd pengurus bidang Mapel Aswaja dan Ke NU an.

Selama sehari kegiatan pelatihan ini dilaksanakan dengan rincian pengenalan sistem evaluasi berbasis komputer, instalasi, manajemen evaluasi dan teknis praktek evaluasi berbasis komputer.

Acara tindak lanjut kegiatan hari akan di laksanakan sosialisasi di tingkat cabang oleh peserta yang telah di tunjuk oleh cabang LP Maarif NU kabupaten/kota dalam waktu dekat ini. (Habibul)

About The Author

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *