Workshop PKB Mendapat Sambutan Positif Cabang Se Jatim

16 Pembaca
Peserta Workshop PKB berfoto bersama di Pusdiklat LP Maarif NU Jawa Timur, tampak H Jamal PLT Kakanwil Kemenag Propinsi Jawa Timur setelah pembukaan

Sidoarjo-Waru; Mengawali kegiatan di bulan Agustus 2019, LP. Maarif NU Jawa Timur menggelar tim pengembang Peningkatan Kopentensi Berkelanjutan (PKB) Guru Madrasah, bertempat di Pusdiklat LP Maarif NU Jatim dilaksanakan workshop perdana Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) yang di ikuti seluruh PC LP Maarif NU Se Jawa Timur.

Kegiatan ini baru pertama kali dilaksanakan, tetapi mendapat sambutan yang antusias dari cabang-cabang LP Maarif se Jawa Timur. Terbukti dalam kegiatan yang didesain dilaksanakan selama dua hari, tanggal 6-7/8/2019 tersebut, diikuti perwakilan dari 32 cabang se Jawa Timur.

Menurut M Amin Ketua PKB Guru LP Maarif NU Jawa Timur mengatakan “Sesuai dengan ketentuan panitia penyelenggara, untuk sementara di workshop perdana ini masing-masing cabang hanya diperbolehkan mengirimkan 2 utusannya”, demikian dituturkan oleh Pak Amin yang juga wakil ketua bidang kerjasama ini.

PKB adalah bentuk pembelajaran berkelanjutan bagi guru yang merupakan kendaraan utama dalam upaya membawa guru pada perubahan yang di inginkan, yaitu pengembangan profesinya. Lebih lanjut pria yang juga berprofesi sebagai dosen ini menjelaskan, bahwa muara akhir yang diharapkan dari adanya Workshop PKB adalah berkaitan dengan keberhasilan siswa. Guru guru yang telah mengikuti Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan akan membawa pembelajarannya untuk menjadikan siswa-siswinya dapat mempunyai pengetahuan, keterampilan lebih baik, dan menunjukkan pemahaman yang mendalam tentang materi ajar serta mampu memperlihatkan apa yang merekan ketahui dan mampu mengaplikasikannya.

Sebelum Workshop dilaksanakan, terlebih dahulu diawali dengan seremoni pembukaan, yang dihadiri dan dibuka secara langsung oleh Drs Jamal PLT Kakanwil Kementrian Agama RI Provinsi Jawa Timur. Turut hadir dalam acara tersebut, Sekretaris LP Maarif NU Jatim Sunan Fanani, bendahara LP. Maarif, Bapak H. Mujib Hasyim, beserta seluruh tim PKB PW LP Maarif NU Jatim.

Dalam sambutannya Sekretaris Maarif Jatim menyampaikan, “Kegiatan Workshop PKB merupakan kegiatan yang sangat penting dalam upaya menghidupkan kegiatan di lingkungan Madrasah dalam naungan LP. Maarif NU Jatim. Menghidupkan kegiatan kependidikan merupakan upaya dalam menjalankan tugas pokok dan fungsinya sebagai departementasi yang dibentuk untuk membidangi pendidikan formal. Tugas LP. Maarif NU adalah mengkonsolidasi dan juga sebagai penjamin mutu pendidikan.

Dalam kesempatan tersebut ia juga menyampaikan, bahwa Kegiatan PKB Guru bagi LP Maarif NU akan di design segmentasinya bukan hanya madrasah-madrasah saja, tetapi juga mengelola sekolah-sekolah. LP Maarif tidak hanya menaungi madrasah saja tetapi menaungi seluruh lembaga pendidikan yang sekolah juga menjadi bagian di dalamnya. Dan kebetulan Workshop yang pertama ini, diadakan lebih dulu difokuskan untuk madrasah selanjutnya akan dikembangkan oleh tim PKB PC LP Maarif NU se Jawa Timur. (Mis)

About The Author

Related posts

2 Comments

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *