Penerimaan Tamu Ambalan Pangkalan SMA Islam Sidoarjo

Siswa SMA Islam Sidoarjo saat penerimaan tamu Ambalan dan Anggota Ambalan kelas XI dan XII

Sidoarjo-Sidokumpul; Penerimaan Tamu Ambalan (PTA) merupakan kegiatan tahunan untuk menyambut para anggota Pramuka dari penggalang menuju penegak, hal ini menjadi adat yang sudah berjalan dari ambalan Ki Hajar Dewantara dan Nyi Ageng Serang di SMA Islam Sidoarjo. Kegiatan ini juga dilanjutkan dengan Orientasi Tamu Ambalan (OTA) yakni pengenalan ambalan secara umum keanggota penegak baru.

Menurut Deving Eka Pembina pramuka SMA Islam Sidoarjo mengatakan,  Serangkaian PTA dan OTA ini dilaksanakan Sabtu sampai Minggu (27-28/7/2019) di area SMA Islam Sidoarjo, peserta merupakan keseluruhan peserta didik kelas X dan didampingi oleh anggota Pramuka kelas XI dan XII. Selain dari anggota pramuka aktif juga dihadiri oleh cukup banyak alumni untuk tetap terus menyambung silaturahmi dengan anggota Pramuka.

Sasaran kegiatan ini selain mengenalkan adat yang berlaku juga melatih untuk hidup mandiri dan saling menolong dengan lainnya, hal ini ditunjukkan dengan diberikan tugas berkelompok untuk menyelesaikan masalah termasuk untuk makan, mereka harus makan dari masakan mereka sendiri, permainan kelompok yang mengasah kerjasama tim.

Pelaksanaan kegiatan ini secara langsung didukung oleh berbagai pihak dari sekolah seperti Kamabigus, pembina gudep serta pembina satuan, dari pihak peserta dan keluarga juga sangan mendukung, meskipun dalam pelaksanaannya tetap ada saran dan kritik agar nantinya kegiatan seperti ini bisa berjalan dengan lebih baik lagi. (Alfun)

About The Author

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *