Matsama MA AL Kautsar Pandaan Berasa Makesta

46 Pembaca
Masa Ta’aruf Siswa Baru MA Al KAutsar dilakukan secara inovatif

Bangil; Kegiatan efektif pembelajaran di madrasah yang biasa di mulai orientasi siswa, saat ini lebih akrab dikenal dengan istilah MATSAMA (Masa Ta’aruf Siswa Madrasah). begitu pula yang terjadi di MA Al Kautsar Pandaan wilayah Maarif NU cabang Bangil.

Kegiatan yang berbeda dengan tahun lalu ini di laksanakan dengan sangat inovatif dan berorientasi menuju pembentukan kepribadian siswa yang sesuai dengan visi dan misi lembaga pendidikan MA Al Kautsar. memperkenalkan dan mengdaptasi siswa di lingkungan madrasah sangat penting bagi siswa baru dan juga seluruh komponen kelembagaan untuk menunjang pembelajaran nantinya.

Menurut Widia Sofa SPd Kepala MA Al Kautsar Pandaan ini mengatakan, Kegiatan MATSAMA di MA Al Kautsar Pandaan ini bermaterikan tentang Makesta atau masa kesetiaan anggota IPNU dan IPPNU. Sebagai lembaga yang membawahi pelajar atau santri, MA Al Kautsar yang didalamnya terdapat organisasi OSIM dan PK.IPNU IPPNU mengadakan kegiatan tersebut selama empat hari 16-19/7/2019. Disamping sebagai masa pengenalan lingkungan madrasah, kegiatan MATSAMA yang dikonsep seperti MAKESTA ini juga sebagai ajang pengkaderan peserta didik .

MATSAMA tahun ini dan yang akan datang dikemas langsung dengan MAKESTA, yang didalam nya terdapat beberapa materi yang ada dalam materi MAKESTA juga ada materi tambahan seperti pengenalan lingkungan madrasah, tata tertib dan budaya akademik madrasah.

Dari Kegiatan ini, pembaiatan dilakukan sebagai anggota pada peserta didik baru secara resmi menjadi kader IPNU-IPPNU, MAKESTA merupakan gerbang awal masuknya pelajar sebagai anggota IPNU-IPPNU” , Ujar mantan ketua PW IPPNU Jawa Timur ini.

Kegiatan ini menjadi agenda rutin yang diadakan tiap tahun untuk peserta didik baru utamanya. harapannya adalah menjadi bukti bahwa adanya dua organisasi pelajar ini tidak menjadi penghalang terlaksananya aktifitas organisasi dalam satu lingkup sekolah, bahkan dengan adanya dua organisasi ini menjadi bentuk sinergi antar anggota dalam organisasi yang berbeda seperti OSIM dan Komiosariat IPNU-IPPNU. (Dib)

About The Author

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *